berjalan

SELAMAT DATANG DI BLOG PERPUSTAKAAN "PROF. SITI BAROROH BARIED" MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERAKREDITASI "A"

Minggu, 16 Februari 2020

TIPS SEDERHANA MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA BUKU

Oleh : Inas Alimaturrahmah
(Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta)


    Bagi sebagian orang, buku sudah menjadi sahabat hingga secara otomatis dapat menjadi pelengkap dalam kehidupan orang tersebut. Namun, bagi orang yang tidak terbiasa dengan buku kerap terheran-heran dengan orang yang gemar membaca. Tak jarang mereka ingin tahu agar bisa memiliki kebiasaan baik tersebut. Karena, cukup banyak orang yang merasa bosan saat membaca buku.
    Mungkin Sobat juga pernah mengalami hal serupa? Kalau iya, Sobat perlu mengetahui nih tips agar terbiasa membaca buku. Pasalnya, ada segudang manfaat membaca buku yang bisa dirasakan. Mulai dari bertambahnya wawasan, meningkatkan daya ingat, menambah kosakata, menstabilkan suasana hati, hingga meningkatkan konsentrasi. Yuk, simak tips sederhana untuk menumbuhkan minat membaca buku.

Pilih Genre Buku Yang Disukai
    Buat Sobat yang baru banget mau menyukai buku, disarankan untuk membaca dengan genre yang disukai. Untuk tahap awal, bacalah buku-buku yang menghibur seperti novel, kumpulan cerita, kumpulan cerpen, ataupun buku motivasi. Disarankan untuk tidak langsung membaca buku dengan topik berat. Terlebih kalu Sobat memang enggak menyukai. Cara ini berguna untuk memperkecil tingkat kebosanan saat membaca.

Bangun Kebiasaan Membaca Buku Setiap Hari
    Sobat bisa menumbuhkan minat baca dengan membiasakannya setiap hari. Gimana caranya? Sobat harus meluangkan waktu untuk membaca minimal 15 menit dalam sehari. Apabila dirasa masih sulit, bisa 10 meit setiap harinya.

Bawa Bukumu Ke Manapun
   Budaya membaca di manapun semakin populer. Sobat bisa mencobanya untuk menumbuhkan minat baca. Ketika Sobat sedang berpergian, masukkan buku ke dalam tas agar nanti di perjalanan bisa baca. Tak hanya saat perjalanan, Sobat juga bisa membawa buku saat nongkrong ke cafe.

Menentukan Target
   Tips terakhir, menargetkan jumlah bacaan. Menetapkan target sangat diperlukan agar kamu selalu memiliki rencana. Rencana terhadap buku apa yang ingin dibeli, dibaca, hingga total buku yang ingin dibaca setiap waktunya. Gimana, Sob? Enggak sulit, kan? Yuk, menambah wawasan dengan gemar membaca buku!

(Sumber : Majalah Kuntum Edisi 421 Februari 2020)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar