berjalan

SELAMAT DATANG DI BLOG PERPUSTAKAAN "PROF. SITI BAROROH BARIED" MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERAKREDITASI "A"

Selasa, 23 Januari 2024

 RESENSI BUKU AKU DAN KASET PITA
(HOBI, MEMORI, KOLEKSI & KARYA MUSIK) 


Assalamu'alaikum Wr Wb...

Heloo PERPUS LOVERSS... Prof. Siti Baroroh Baried Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, bagaimana kabar sobat semua??? sudah membaca buku apa bulan ini??? Hari ini kami akan share informasi terbaru dari koleksi yang tersedia di perpustakaan. Koleksi yang akan kami review adalah karya dari Yoga Pratama yang berjudul "Aku dan Kaset Pita" kira - kira apa ya isinya yuk kita baca ulasannya dibawah ini...

Buku Aku dan Kaset Pita (Hobi, Memori, Koleksi & Karya Musik) berisi tentang "eksistensi" kaset pita yang tidak menghilang. Justru keberadaannya semakin menjadi barang yang banyak dicari oleh berbagai kalangan dan penggemar. Dengan ukuran yang ringan serta mudah dibawa kemanapun berada, kaset menjadi barang istimewa yang menemani banyak kaum remaja diera 80an, 90an, dan 2000an.

Bahkan, hingga saat ini masih banyak yang mencari dengan alasan suara sound dari kaset pita lebih mantap, cover yang unik, lirik lagu tersedia, dan keterbatasan rilisan tersebut dicetak. Selain itu memiliki banyak kenangan hingga menjadi barang antik incaran banyak penggemarnya. Remaja kelahiran tahun 2000an pun mulai banyak mencari dan mengkoleksi barang tersebut dengan alasan lagu era lama banyak menginspirasi para pendengar era baru untuk membuat musik atau sekedar menambah referensi musik.

Buku tersebut, penulis memaparkan beberapa pengaruh kaset pita dalam hidupnya, serta catatan pribadi penulis mengenai kaset pita. Dirangkum dalam satu buku yang menarik, hingga kumpulan cerita. Ada yang memang bentuknya riset serta wawancara khusus kepada kolektor. Buku tersebut sekaligus menjadi bentuk apresiasi penulis terhadap para musisi dan seniman yang terus berkarya, menghibur banyak orang serta menginspirasi diri penulis dalam mengenal musik dan warna musik dunia. Lebih jelasnya Dunia tersebut adalah warna Musik Barat maupun musik Indonesia dirangkum dengan bentuk cerita yang bertema musik pada kaset pita. Ada beberapa cerita dari penggemar musik yang sudah puluhan tahun koleksi kaset seperti koes plus, roma irama dan penyayi dimasanya. Ada juga kolektor kaset yang menyimpan banyak pemutarnya dan masih fungsional sampai detik ini dan keunikan kaset pita di bahas sesuai perkembangan jaman. Membahas musik baru dari Indonesia di era Sheila On 7, Dewa, Peterpan, Payung Teduh, Seringai dan beberapa artist barat rilisan kaset pita seperti Muse dan Radiohead. Semoga buku ini bisa bermanfaat. Yuk yang belum punya buku ini bisa kontak penulis atau baca di perpustakaan Prof. Siti Baroroh Baried Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pesan dari penulis, terimakasih banyak yang sudah membeli dan mendukung terbitnya karya ini di seluruh indonesia.(yg)

Salam Litersi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar